Terkini

Puluhan Oknum Suporter PSS Sleman Terpaksa Digelandang ke Mako Polresta Surakarta Kedapatan Bawa dan Minum Miras

Polresta Surakarta-Polda Jateng-Polresta Surakarta bekerja sama TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan setempat serta panitia pelaksana pertandingan siap melakukan pengamanan lanjutan pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia 2024 – 2025 antara tuan rumah PSS Sleman melawan Arema Malang, yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat sore (20/09/2024) pukul 15.30 WIB.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi, SIK.MH.MSi mengatakan, pihaknya menyiapkan 439 personel gabungan TNI, Polri, Satpol PP, dan Dishub Kota Surakarta, ditambah steward dari panitia yang siap akan melakukan pengamanan selama jalannya pertandingan antara tuan rumah PSS Sleman menjamu Arema Malang.

“Sebanyak 439 personel keamanan tersebut akan ditempatkan di ring dua dan ring tiga, artinya di luar lapangan pertandingan untuk mengantisipasi arus lalu lintas, kantong-kantong parkir kendaraan, dan memobilisasi mereka dari rumah ke lapangan serta sebaliknya,” ungkap Kapolresta.

Kapolresta Surakarta berharap suporter tamu sudah jelas memahami, bahwa sesuai ketentuan PSSI, tidak diizinkan untuk mendukung sebagai suporter tamu hadir di lapangan Stadion Manahan Solo, dengan atribut dan lain sebagainya.

“Kami mohon kerja samanya agar seluruhnya bisa tertib dan menghargai keputusan atau peraturan bagi seluruh suporter agar semuanya bisa tertib. Menghargai peraturan dan seluruh suporter hadir di lapangan dengan mematuhi ketentuan yang ada,” katanya.

“Pola-pola yang akan dilaksanakan sudah memiliki standar operasional prosedur (SOP) yang jelas sesuai apa yang disampaikan oleh PSSI dari FIFA dan sudah beberapa kali pertandingan diaplikasikan yang menjadi gambaran untuk pelaksanaan pertandingan di Stadion Manahan Solo,”jelasnya.

Polresta Surakarta juga melakukan pengawalan baik dari PSS Sleman maupun Arema Malang saat menuju lokasi pertandingan hingga kembali ke penginapan.

Kapolresta menambahkan bahwa pada pertandingan tadi sore antara PSS Sleman menghadapi Arema Malang, dimenangkan oleh PSS Sleman dengan skor 3-1 ( 3 untuk PSS Sleman).

“Namun masih sangat disayangkan dalam pengamanan tadi sore, kita masih menemukan puluhan suporter dari PSS Sleman yang kedapatan membawa dan mengkonsumsi minuman keras,” ujarnya.

Ditanya terkait suporter yang diamankan tersebut, Kapolresta menegaskan puluhan suporter yang kedapatan bawa dan konsumsi miras dibawa ke Mako Polresta Surakarta untuk didata dan membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi lagi.

“Kami harapkan tidak terulang lagi dan kedepannya semakin tertib karena mengkonsumsi miras apalagi di Stadion Manahan akan memicu permasalahan dan terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan,” harap Kapolresta.

Related Posts

1 of 1,238