Terkini

Polresta Surakarta Terima Kunjungan Tim Asistensi Layanan Call Center 110 Polda Jateng

Polresta Surakarta- Polda Jateng- Tim Asistensi Polda Jawa Tengah telah melaksanakan supervisi layanan Call Center Polisi 110 di Polresta Surakarta, pada Rabu (18/6/2025).

Kedatangan Karo Ops Polda Jateng Kombes Pol. Basya Radyananda, S.I.K., M.H, selaku Katim asistensi didampingi Dir Samapta Kombes Pol DR. Risto Samodra, S.Sos., S.I.K., M.H., dan Kabid TIK Kombes Pol Didik Dwi Santoso, S.I.K., ini disambut langsung oleh Kapolresta Surakarta Kombes Pol Catur Cahyono Wibowo, SIK.MH beserta pejabat utama dan para perwira.

Dalam kesempatan itu, Kombes Pol Basya Radyananda dan tim meninjau ruang pelayanan Call Center 110 dan Siolos di ruang TMC Polresta Surakarta, serta melaksanakan pengecekan terhadap Ton Raimas sebagai unit reaksi cepat.

Selain itu, Kombes Pol Basya Radyananda juga menekankan kepada rekan-rekan operator atau penanggung jawab piket call center 110 dan Siolos harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya, sehingga dalam pelaksanaan berjalan sesuai dengan prosedur yang ada.

“Pahami dan kuasai tugas dari operator call center 110 dan Siolos, serta laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Kepada operator, Karo Ops menyampaikan, apabila mendapat penelpon yang permasalahannya kurang dimengerti, rekan-rekan operator call center bisa memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Lebih lanjut, Kombes Pol. Basya Radyananda mengharapkan kepada rekan-rekan operator untuk bisa menjadi problem solving bagi penelpon.

“Jangan sampai menjadi citra buruk pelayanan institusi akibat ketidakmauan petugas dalam merespon panggilan,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Catur Cahyono Wibowo, SIK.MH mengatakan, bahwa Layanan 110 dan Siolos ini merupakan bentuk komitmen kepolisian dalam memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Disebutkan, layanan 110 dan Siolos ini memiliki beberapa keunggulan, di antaranya dapat diakses secara gratis tanpa biaya pulsa dan beroperasi selama 24 jam penuh setiap harinya. Masyarakat cukup menekan nomor 110 melalui telepon seluler untuk langsung terhubung dengan petugas/operator yang akan memberikan layanan yang diperlukan.

“Call Center 110 hadir untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan layanan kepolisian, khususnya dalam situasi darurat seperti kemacetan, kecelakaan, bencana, tindak kriminal, serta pengaduan terkait premanisme dan tindak kekerasan,” terang Kombes Pol Catur.

“Sedangkan untuk Aplikasi SIOLOS (Sistem Informasi Online Laporan Siskamling) adalah inovasi digital dari Polresta Surakarta yang dirancang untuk mempermudah masyarakat dalam melaporkan kejadian terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara cepat, akurat, dan transparan. Aplikasi ini juga memungkinkan akses mudah ke berbagai layanan kepolisian lainnya,” imbuhnya.

Dengan adanya layanan ini, Polri mengajak masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan dengan segera melaporkan jika terjadi gangguan ketertiban atau tindak kejahatan.

Related Posts

1 of 2