Kapolda Jateng Hadiri Tradisi Adang Tahun Dal di Keraton Solo

Polresta Surakarta – Kapolda Jateng Irjend Pol Drs. Condro Kirono, MM, Hum hadiri upacara tradisi adat adang tahun dal di keraton kasunanan surakarta, Minggu ( 3/12/2017 ) pkl 20.00 wib.

Nampak hadir, Pangdam IV Diponegoro Mayjend TNI Wuryanto, Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr.Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo, MP, Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo serta Ketua DPRD Kota Surakarta Drs. Teguh Prakoso ikut menyaksikan tradisi adang tahun dal oleh Sinuhun PB XIII di Ndalem Gondorasan Keraton Surakarta.

” Selain upacara sekaten Karaton Kasunanan Surakarta juga menyelenggarakanTradisi Adang Tahun Dal yakni tradisi menanak nasi oleh Raja sendiri, lalu di bagikan pada pegawai karaton dan masyarakat. Tradisi ini tidak hanya merupakan formalitas belaka, tetapi dalam memasak nasi, Raja (Sinuhun) sendiri yang menanaknya dengan dibantu para kerabat istana, serta dalam jumlah cukup besar, mempergunakan dandang besar. Beras yang dimasakpun ,dipilih beras yang istimewa sebagai bahan utamanya , setelah masak kemudian dilanjutkan upacara selamatan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, baru selanjutnya dibagi-bagikan kepada para abdi dalem keraton Surakarta Hadiningrat ” ungkap GPH Dipokusumo yang akrab disapa Gusti Dipo ( Pengageng Parentah Keraton Surakarta ).

Exit mobile version