Terkini

Polresta Surakarta Bagikan Beras dan Masker kepada Warga Terdampak PPKM Level 4 di Pasar PGS dan BTC Solo

Surakarta-Seiring Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Polresta Surakarta bersama Kodim 0735 dan Pemkot Surakarta mendirikan pos pantau di depan Pasar PGS dan BTC Solo, Jumat (30/07/2021).

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak,SIK.MSi mengatakan, kehadiran pos pantau di PGS dan BTC itu untuk memastikan perekonomian berjalan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pendirian pos tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Kapolri dan Kapolda Jawa Tengah.

“Kami mendirikan pos pantau terpadu dalam rangka penerapan PPKM level 4 yang mana ada pelonggaran-pelonggaran di pasar tradisional. Ini sesuai instruksi bapak Kapolri maupun bapak Kapolda, terkait dengan perpanjangan PPKM level 4 di Kota Solo,” ujar Kapolresta Surakarta.

Ada beberapa kegiatan yang dilakukan dalam pendirian pos pantau terpadu tersebut. Di antaranya, petugas akan memberikan imbauan atau woro-woro kepada pengunjung pasar dan pedagang agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat di dalam pasar.

Sosialisasi seperti itu, dikatakan Ade, perlu terus dilakukan agar semua pengunjung dan pedagang mematuhi protokol kesehatan 5 M.

Kegiatan lainnya yang juga dilakukan di sekitar pasar adalah, vaksinasi dan pembagian sembako. Vaksinasi ditujukan untuk pengunjung maupun pedagang pasar.

Sedangkan bantuan sosial paket sembako berupa beras diberikan kepada buruh panggul, tukang parkir dan tukang becak yang terdampak selama PPKM.

Menyusul perpanjangan PPKM level 4, Ade mengingatkan bahwa waktu beroperasi pasar dibatasi hanya sampai pukul 15.00 WIB dengan pengunjung 50 persen.

“Kita juga melakukan operasi yustisi di sekitar pasar tradisional ini, untuk menjamin bahwa penerapan prokes ini dapat terus dipatuhi oleh warga masyarakat maupun semua pelaku usaha yang ada di pasar tradisional ini.

Kapolresta berharap pelonggaran PPKM level 4 yang diberlakukan tidak berdampak pada bertambahnya laju angka Covid-19 harian di Kota Solo.

“Sehingga kita berharap ini bisa menekan laju positif corona di pasar-pasar tradisional yang diterapkan pelonggaran-pelonggaran pasca PPKM level 4 diperpanjang,” pungkas Kapolresta.

Related Posts

1 of 1,192